Radiasi Petir Membuat Warga Stroke


Diduga terkena radiasi dari kilatan petir yang memantul dari tower provider HP seluler, satu warga Kampung Pabuaran RT. 02/RW. 04 Desa Sukaraja Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor kini mengalami stroke. Diduga, radiasi sambaran petir yang mengenai salah satu tower provider yang tak jauh dari rumah korban ini, berlangsung senin (24/7/17).

Dari keterangan Kepala Desa Sukaraja Komarudin kepada wartawan, sebelum peristiwa yang menimpa salah satu warganya ini, wilayahnya dilanda hujan lebat disertai petir.

“Tiba-tiba petir menyambar tower provider. Kilatannya mengenai korban yang rumahnya tak jauh dari berdirinya tower,” kata Komarudin. Dari informasi yang didapat, korban diketahui bernama Suryadi 40. Saat itu, korban sedang berjalan masuk ke dalam rumahnya yang berjarak sekitar lima meter dari tower. Radiasi yang mengenai Suryadi, seketika membuatnya tak bisa menggerakkan tubuhnya.

“Kayanya pak Suryadi kena radiasi yang mantul dari tower. Tubuhnya langsung kaku seperti orang stroke,” katanya kepada wartawan. Kejadian ini membuat korban sesaat sempat tak sadarkan diri. Pengurus wilayah langsung datang kelokasi, saat mendapat laporan. Upaya pertolongan, pihak desa dan pengurus wilayah, langsung membawa korban ke rumah sakit PMI Bogor.

Pengelola perusahaan tower juga sudah mendatangi korban dan menyatakan siap bertanggung jawab untuk mengurus administrasi rumah sakit. Selain Suryadi, warga lainnya yang berada di sekitar tower juga mengalami kerugian tetapi hanya alat-alat elektronik, seperti televisi dan komputer yang rusak. “Saya belum bisa pastikan, berapa kerugian warga yang mengalami kejadian ini. Kami utamakan korban dulu,” ujarnya.

Pertolongan medis yang cepat, membuat korban berangsur-angsur sadarkan diri dan sudah bisa menggerakkan kembali tubuhnya.