Warga Kebumen Nyaris Tewas Tersambar Petir


Saryono (42), warga Desa Banyurata, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah nyaris tewas setelah tersambar petir. Korban tersambar petir saat membajak sawah dengan menggunakan traktor, Senin (6/11/2017) sore. Korban yang tergeletak tak sadarkan diri di sawah langsung dilarikan ke rumah sakit oleh warga setempat. Korban selamat namun mengalami luka-luka.

Kasubbag Humas Polres Kebumen, AKP Willy Budiyanto, peristiwa itu terjadi di areal persawahan di Dukuh Kalisawah, Desa Banyurata, Kecamatan Adimulya. Warga yang melihat kejadian tersebut, langsung memberikan pertolongan dan membawa korban ke rumah sakit PKU Muhammadiyah Sruweng.

“Saat itu cuaca hujan dan korban masih membajak sawah di Dukuh Kalisawah, tiba-tiba petir menyambar korban, beruntung tetangga korban yakni Supri (30) langsung menyelamatkan korban dan melapor ke Polsek Adimulya,” kata Willy, Senin (6/11/2017).

Jiwa Saryono bisa tertolong meski menderita luka bakar pada pundak kiri nya. Hingga kini ia harus dirawat intensif di rumah sakit.

“Korban sekarang masih dirawat intensif karena mengalami luka bakar pada pundak kiri,” lanjut Willy.

Dia mengimbau agar warga menjaga keselamatan saat bekerja di musim penghujan ini. Para petani yang biasa menggarap sawah di lahan terbuka rawan terjadi sambaran petir.

“Bila memang cuaca buruk ya segera beristirahat meski pekerjaan masih tanggung atau belum selesai. Apalagi di tempat terbuka, itu kan rawan sambaran petir,” pungkasnya.